Sawi Selada

Berkebun di Rumah

Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah

Dekorasi rumah tidak melulu tentang furnitur atau cat dinding. Kini terutama rumah modern tidak hanya menggunakan berbagai furnitur sebagai aksen dekorasi akan tetapi juga melibatkan tanaman-tanaman segar salah satunya adalah tanaman hias.

Tanaman hias ini bisa menjadi aksen dekorasi dengan cara diletakkan di atas meja atau juga digantung. Namun untuk artikel kali  ini kita akan membahas mengenai tanaman hias dengan cara digantung. Tanaman yang satu ini dapat menjadi aksen dekorasi sekaligus sebagai aksen yang membuat rumah terlihat lebih segar dan juga lebih ramah lingkungan.

Untuk menggunakan tanaman hias sebagai aksen dekorasi maka Anda harus mengetahui tanaman apa yang cocok dan juga bagaimana cara membuat tanaman ini bisa menambah estetika bangunan. Untuk informasinya secara lengkap, simak penjelasannya sebagai berikut:

Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

Yang pertama Anda harus tahu adalah jenis tanamannya. Di pasaran ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda manfaatkan untuk dekorasi rumah Anda dengan cara digantung. Akan tetapi, ada beberapa jenis tanaman yang sering digunakan dan menjadi rekomendasi banyak orang karena kecantikan dan kemudahan merawatnya yaitu:

1. Tradescantia

Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah
Tanaman gantung Tradescantia

Yang pertama adalah Tradescantia yang memiliki warna yang beragam dalam satu tanaman. Hijau, ungu, abu-abu, putih menjadi satu dalam satu tanaman sehingga memiliki kesan yang sangat kaya dan ramai. Cocok sekali untuk rumah Anda yang memiliki warna lembut sehingga sangat kontras. Selain itu, tanaman ini juga bisa tumbuh di berbagai lingkungan dan mudah perawatannya.

2. Sedum Morganianum

Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah
Tanaman gantung Sedum Morganianum

Selanjutnya adalah sedum morganianum yang mana memiliki sifat seperti kaktus karena tidak memerlukan air yang banyak jadi bagi Anda yang sibuk di luar rumah tanaman ini sangat cocok. Tapi sebaiknya diletakkan di luar ruangan karena membutuhkan banyak sinar matahari. Tanaman ini memiliki warna hijau muda dan daunnya gemuk yang bisa tumbuh menjuntai ke bawah.

3. Creeping Charlie
Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah
Tanaman gantung Creeping Charlie

Yang berikutnya adalah Creeping Charlie yang memiliki daun hijau muda dengan batang yang lunak sehingga sangat terlihat segar dan natural. Tanaman yang satu ini memiliki kemiripan dengan daun mint yang bentuk daunnya sangat sederhana sehingga sangat cocok untuk dekorasi rumah dengan konsep minimalis.

4. Bunga Geranium
Tanaman Hias Gantung untuk Dekorasi Rumah
Tanaman gantung bunga geranium

Jika Anda ingin rumah Anda memiliki warna yang lebih mencolok maka bunga geranium ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bunga ini memiliki bermacam-macam warna yang bisa Anda pilih sesuai selera dari mulai putih, merah, biru, bahkan ada juga yang warnanya ungu. Tanaman ini sangat memukau karena dapat tumbuh panjang sampai 1,2 meter.

Tips Membuat Tanaman Gantung untuk Dekorasi Rumah

Untuk membuat tanaman gantung pastinya juga harus menggunakan cara yang tepat agar terlihat bagus dan memenuhi unsur dekoratif yaitu sebagai berikut:

1. Pilih tanaman yang memiliki warna cukup kontras dengan warna bangunan Anda, namun yang paling aman memang pilih yang hijau karena memberikan efek yang segar.

2. Selanjutnya, pilih tanaman yang sehat dan segar. Pastikan tidak ada penyakit yang menyertainya.

3. Pilih pot yang unik. Anda bisa memilih pot dengan warna monokrom seperti hitam atau putih untuk amannya. Namun jika Anda ingin bereksperimen lebih jauh  bisa menggunakan warna lain atau perpaduan dari beberapa warna. Untuk memberikan efek unik Anda bisa memilih pot yang terbuat dari rotan, sabut kelapa yang dibuat sedemikian rupa sehingga memberikan kesan yang unik dan lebih natural.

4. Atur penempatannya dengan baik. Anda bisa menempatkannya di dalam rumah atau di teras rumah. Apabila Anda memiliki halaman depan yang teduh juga bisa menjadi pilihan untuk tempat si tanaman hias ini.

Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan apabila di sekitar kita ada banyak sekali tanaman hias yang dapat Anda gunakan untuk dekorasi rumah yang akan mempercantik setiap sudut rumah dan tentunya memberikan efek yang segar dan natural di hunian Anda. Semoga informasinya bermanfaat untuk Anda yang ingin mempercantik rumah dengan kesegaran tanaman gantung

Baca juga:

0 comments



Emoticon