Sawi Selada

Berkebun di Rumah

CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK

Cara bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik adalah salah satu cara menanam tumbuhan khususnya sayuran dengan menggunakan media tanam  berupa air yang sudah dicampur dengan zat hara atau nutrisi yang tepat. Cara yang satu ini memiliki banyak kelebihan dan juga sangat mudah dilakukan. Apakah Anda penasaran dengan cara yang satu ini? Di bawah ini akan kita bahas secara lengkap:

Apa Saja Kelebihan Bercocok Tanam dengan Metode Hidroponik?

Kelebihan bercocok tanam dengan menggunakan metode hidroponik yaitu perawatannya yang sangat mudah dan tanpa menggunakan pestisida tanaman bebas dari hama karena kontrol yang mudah. Tanaman dapat tumbuh dengan sangat cepat dan sehat.

CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK
Hidroponik

Tanaman tidak akan kotor dan Anda tidak perlu memiliki lahan yang besar untuk bercocok tanam. Anda tetap bisa melakukan hobi Anda dan dapatkan keuntungan dengan makan sayuran dengan sehat dan gratis.

Bagaimana Cara Bercocok Tanam dengan Metode Hidroponik?

Untuk menanam tanaman dengan cara hidroponik ini ada dua macam yang cocok Anda gunakan sebagai seorang pemula, yaitu sebagai berikut:

1.    Metode NFT (Nutrient Film Technique)
 
CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK
Hidroponik Sistem NFT

Metode yang satu ini adalah metode yang paling populer dan banyak diterapkan di masyarakat pada umumnya, caranya sebagai Berikut:
a.    Siapkan terlebih dahulu pupa atau talang dengan jangan lupa menyiapkan pompa airnya
b.    Lubangi pipa dengan jarak yang sama antara lubang yang satu dengan yang satunya lagi.
c.    Lalu susun pipa yang sudah Anda lubangi sesuai dengan tempat dan juga desain yang telah Anda rancang sebelumnya
d.    Pasang pompa untuk mengalirkan air dan nutrisinya dengan maksimal
Dengan menggunakan metode yang satu ini maka tanaman akan tumbuh pada bagian nutrisi yang mudah dijangkau dan juga tetap akan memberikan sirkulasi yang baik agar tanaman tetap mendapatkan nutrisi, oksigen, air, dan zat penting lainnya dengan yang lainnya dengan sangat mudah.

CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK
Hidroponik NFT Sederhana
Metode ini sering lai dilakukan untuk sayuran hijau yang mudah untuk ditanam seperti kangkung, bayam, dan sayuran hijau yang lainnya. Cara yang satu ini dinilai sangat praktis dan hemat tempat.

2.    Metode Wick

CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK
Hidroponik sistem Wick
Selanjutnya, ada metode Wick yang juga sangat mudah diterapkan bahkan dapat memanfaatkan barang bekas di sekitar kita. Berikut ulasannya secara lengkap:

a.    Yang pertama, Anda harus menyiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya yaitu botol air mineral bekas dengan ukuran sedang sampai besar, alat pemotong bisa pisau atau gunting, sumbu kompor atau kain flanel, alat untuk melubangi plastik keras, dan air nutrisi.
b.    Selanjutnya, potong botol bekas menjadi dua bagian dengan pemotongan di tengahnya sama panjang.
c.    Lalu, gabungkan dua botol dengan bagian bawah menghadap ke atas dan bagian atas menghadap ke bawah.
d.    Lubangi tutup botol dan masukkan sumbu kompor atau kain flanel lalu pasang tutup ke bagian atas botol yang terbalik sesuai dengan fungsinya
e.    Isi dengan tanah secukupnya di bagian botol yang terbalik dan mulai tanam tanaman Anda.
f.    Jangan lupa di bagian botol bawah yang menghadap ke atas diisi oleh air nutrisi.

Cara yang satu ini dianggap sangat mudah dan tentunya sangat murah. Anda tidak perlu membeli pipa atau pompa air dan hanya dengan memanfaatkan botol bekas air mineral saja. Dengan cara ini maka media tanam akan selalu basah sebab sumbu kompor atau kain flanel ini akan membawa air dari bawah ke atas.

Cara Membuat Air Nutrisi

Dari tadi kita selalu menyebut air nutrisi akan tetapi tidak tahu air nutrisi itu seperti apa.. Caranya sangat mudah, Anda bisa membelinya di toko pertanian yaitu AB MIX yang merupakan cairan yang terpisah. Campurkan 1 liter air biasa dengan 5 ml larutan A dan 4 ml larutan B dan air siap digunakan.

Bagaimana, penjelasan mengenai cocok tanam dengan cara hidroponik di atas sangat mudah dipahami bukan? Kini Anda sudah bisa melakukan cocok tanam dengan sangat mudah tanpa harus memiliki lahan yang luas. Silakan dipraktikkan di rumah dan semoga berhasil!

Baca juga:

0 comments



Emoticon