Sawi Selada

Berkebun di Rumah

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga

Siapa di sini yang hobi bercocok tanam? Bagi Anda yang memiliki hobi ini pasti sudah tidak asing dengan penggunaan pupuk. Pupuk sendiri ada beberapa jenis namun yang bisa Anda buat sendiri di rumah tanpa harus membeli lagi adalah pupuk kompos. Pupuk ini sangat ramah lingkungan dan mudah untuk membuatnya. Berikut cara membuatnya dengan mudah:

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga
Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga


Sampah yang Bisa Digunakan untuk Membuat Pupuk Kompos

Dalam pembuatan pupuk kompos ini tentunya harus menggunakan sampah rumah tangga. Namun, seperti yang telah diketahui bersama bahwa sampah rumah tangga ini beragam sehingga pilah yang organik saja dan pisahkan dari sampah non organik. Contoh sampah organik adalah:

1. Sampah sisa makanan dari sayur, kulit buah, daging busuk, dan lain sebagainya

2. Daun atau rumput dari halaman Anda

3. Potongan kayu atau ranting kayu yang tidak berguna

4. kotoran hewan

5. potongan rambut atau bulu hewan

6. bumbu dapur yang sudah kadaluarsa

7. Kertas atau tisu yang sudah tidak terpakai

Sedangkan ada juga yang salah atas beberapa sampah yang dikira organik namun ternyata tidak bisa digunakan seperti minyak goreng, kardus, kertas kado metalik, tumbuhan sakit dan lain sebagainya. Jangan sampai salah ya...

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan untuk Membuat Pupuk Kompos

Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga
Cara Membuat Pupuk Kompos dari Limbah Rumah Tangga

Sebelum membuat pupuk kompos yang paling utama tentunya adalah menyiapkan alat dan bahannya agar Anda tinggal mengeksekusinya tanpa harus ada langkah yang tertunda karena alat dan bahan kurang lengkap. Untuk itu, langsung saja kita bahas mengenai alat dan bahan yang digunakan di bawah ini:

1. Alat:

a. Wadah dengan ukuran yang cukup besar dan memiliki penutup seperti tong atau ember, pastikan wadah bersih.

b. Sarung tangan untuk Anda yang ingin menggunakan tangan secara langsung atau sekop jika tidak ingin menggunakan tangan

2. Bahan

a. Sampah rumah tangga yang organik

b. Air

c. Tanah

Cara Membuat Pupuk Kompos

Setelah Anda sudah siapa untuk membuat pupuk kompos  maka selanjutnya adalah tahap eksekusi. Anda bisa mulai membuat pupuk kompos tersebut. Caranya sebagai berikut:

1. Pertama siapkan sampah rumah tangga yang akan diolah untuk menjadi pupuk kompos tersebut. Pisahkan sampah hingga benar-benar murni sampah organik dan bukan sampah yang tidak bisa diurai seperti plastik atau yang lainnya.

2. Siapkan wadah dengan ukuran yang cukup besar untuk membuat pupuk kompos yang cukup besar jangan lupa untuk memilih wadah yang memiliki tutup agar proses dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kontaminasi dengan zat yang lainnya yang akan mengganggu pembentukan bakteri. Pastikan wadah Anda bersih dan tidak ada kontaminasi dengan air hujan atau hewan kecil lainnya.

3. Masukkan sampah organik Anda ke dalam wadah yang telah disiapkan tersebut.

4. Selanjutnya masukkan tanah ke dalam wadah yang telah disiapkan dengan campuran sampah organik, untuk banyaknya bisa disesuaikan dengan sampah organik yang Anda miliki.

5. Setelah itu siram permukaan tanah dengan air secukupnya

6. Masukkan kembali sampah organik yang telah Anda siapkan tadi dengan merata dan untuk ketebalannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

7. Lalu masukkan tanah lagi yang mana memiliki peran sebagai penutup sampah organik yang telah Anda masukkan ke dalam wadah.

8. Setelah itu tutup wadah dengan penutupnya, pastikan tutup tersebut rapat dan tidak memiliki lubang.

9. Diamkan hingga kurang lebih 3 minggu. Selama 3 minggu ini sebaiknya wadah diletakkan di tempat yang teduh dan jauh dari paparan sinar matahari langsung. Tunggu hingga pupuk kompos jadi dan bisa Anda gunakan untuk menutrisi tanaman Anda di rumah.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Anda bisa memanfaatkan apa yang seharusnya terbuang menjadi hal yang sangat bermanfaat. Anda tidak perlu membeli pupuk entah itu pupuk kimia atau pun pupuk kompos di pasaran. Anda bisa membuat dengan jumlah yang banyak untuk kebutuhan tanaman Anda. Silakan mencoba membuat pupuk kompos sendiri di rumah, manfaatkan sampah organik, dan buat tanaman Anda subur dan sehat!

Baca juga:

0 comments



Emoticon