Sawi Selada

Berkebun di Rumah

Jenis Jenis Pupuk dan Fungsinya

Jenis jenis pupuk dan fungsinya merupakan kegunaan setiap jenis pupuk yang berbeda-beda tergantung kebutuhan setiap tanaman. Dalam menyuburkan tanaman, pupuk merupakan salah satu bahan utama yang harus dipersiapkan. Pupuk dapat menyehatkan tanaman sehingga dapat tumbuh dengan optimal.

Setiap tanaman membutuhkan jenis pupuk yang berbeda-beda. Ada jenis tanaman yang membutuhkan jenis pupuk cair, namun beberapa jenis tanaman lain hanya membutuhkan pupuk padat yang cukup diletakkan di tanahnya saja. Berikut ini merupakan jenis jenis pupuk dan fungsinya yang harus Anda ketahui sebelum memilih jenis pupuk mana yang paling cocok untuk tanaman Anda.

Jenis Pupuk Berdasarkan Bahan

Berdasarkan bahan yang digunakan untuk membuatnya, pupuk bisa dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Kedua jenis pupuk tersebut sama-sama bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman hias maupun jenis tanaman lain yang membutuhkan tambahan makanan agar bisa tumbuh dengan subur. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis pupuk organik dan anorganik.

Pupuk Organik

Jenis Jenis Pupuk dan Fungsinya
Pupuk Organik
Pupuk organik merupakan jenis pupuk yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa menggunakan tambahan bahan kimia. Pupuk organik biasa dikenal dengan sebutan pupuk kandang atau pupuk kompos. Jenis pupuk ini sangat aman bila digunakan untuk menyuburkan tanaman. Selain karena proses pengaplikasiannya yang mudah untuk hampir semua jenis tanaman, pupuk organik juga tergolong sebagai pupuk yang mudah untuk didapatkan.

Dari segi harganya, pupuk organik relatif lebih terjangkau dibandingkan jenis pupuk kimia. Bahan pembuatannya yang mudah didapatkan menjadi salah satu penyebab mengapa pupuk organik lebih murah dibandingkan jenis pupuk kimia. Manfaatnya untuk jenis tanaman hias baik tanaman buah maupun tanaman sayur sangat besar Tanaman bisa tumbuh lebih cepat dan sehat bila rutin diberi pupuk organik sebagai penyubur untuk tanaman tersebut.

Pupuk Anorganik
Jenis Jenis Pupuk dan Fungsinya
Pupuk AnOrganik
Berdasarkan bahan pembuatannya, pupuk anorganik merupakan jenis pupuk yang dibuat dengan bahan kimia atau bahan buatan. Biasanya, jenis pupuk anorganik lebih dikenal dengan sebutan pupuk ZA atau urea. Jenis pupuk ini cukup mudah untuk didapatkan di pasaran. Hanya saja, terdapat dosis dan aturan tertentu bila Anda ingin menggunakan jenis pupuk anorganik sebagai penyubur untuk tanaman Anda.

Kedua jenis pupuk tersebut baik pupuk organik maupun anorganik sama-sama menyuburkan tanaman dengan cepat. Namun bila Anda ingin menggunakan pupuk yang lebih aman, pupuk organik merupakan jawaban yang lebih tepat karena pupuk ini tidak menggunakan bahan kimia berbahaya. Hanya saja, kecepatan pertumbuhan tanaman bisa tetap didukung dengan menggunakan pupuk anorganik supaya tanaman tumbuh lebih subur dan tumbuh dengan optimal.

Jenis Pupuk Berdasarkan Bentuknya

Ada sangat banyak jenis tanaman. Untuk setiap jenis tanaman tersebut membutuhkan cara perawatan yang berbeda-beda. Berdasarkan bentuknya, pupuk dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Jenis yang pertama adalah pupuk cair yang bisa diaplikasikan dengan cara dituangkan pada tanaman atau disemprotkan secara merata pada tanaman. Jenis yang kedua adalah pupuk padat yang biasa dikenal untuk menyuburkan tanah yang akan digunakan sebagai media tanam. Berikut merupakan penjelasan lengkapnya.

Pupuk Cair
Jenis Jenis Pupuk dan Fungsinya
Pupuk Cair
Pupuk cair merupakan jenis pupuk yang biasanya mengandung beberapa unsur hara yang harus diserap lebih cepat oleh tanaman. Jenis pupuk cair mengandung lebih banyak unsur hara mikro yang lebih efektif bila digunakan dengan cara disemprotkan ke seluruh bagian tanaman. Jenis pupuk ini bukan hanya menyuburkan tanaman namun juga mampu mengoptimalkan pertumbuhan tanaman tersebut.

Pupuk Padat
Jenis Jenis Pupuk dan Fungsinya
Pupuk Padat
Sedangkan jenis pupuk yang lain adalah pupuk padat. Berbeda dengan pupuk cair yang mengandung banyak unsur hara mikro, pupuk padat biasanya lebih kaya akan unsur hara makro yang lebih efektif bila diaplikasikan di tanah atau pada media tanam yang digunakan. Pupuk padat berguna untuk menyuburkan dan menyehatkan tanaman dari akarnya.

Banyaknya jenis pupuk yang bisa menjadi pilihan membuat para pemilik tanaman harus lebih memperhatikan kebutuhan setiap tanaman yang berbeda-beda. Pastikan Anda telah memilih jenis pupuk yang benar untuk tanaman Anda sehingga tanaman lebih subur dan optimal. Pilihlah jenis jenis pupuk dan fungsinya yang telah banyak tersedia di pasaran, dan dapatkan harga terbaik untuk setiap jenis pupuk yang Anda beli.

Baca juga:

0 comments



Emoticon