Sawi Selada

Berkebun di Rumah

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman

Anda suka bercocok tanam, atau anda baru akan memulai bercocok tanam? Kegiatan menanam sayuran maupun buah di halaman rumah menjadi salah satu alternatif mengisi kegiatan hari hari dikala situasi pandemi. Sebelum memulai, perlu anda perhatikan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan tanaman, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. 

Tumbuh kembang tanaman yang tidak sesuai dengan materi yang kita peroleh dari internet, tinggi dan besar tanaman di tempat lain yang berbeda dengan tanaman kepunyaan kita, seringkali menimbulkan beberapa pertanyaan di benak kita. Apa pupuknya kurang banyak ? Apa tempatnya kurang panas ?

Yup, anda benar, pertanyaan pertanyaan tersebut biasanya langsung terlintas jika pertumbuhan tanaman kita tidak normal seperti yang seharusnya. Oleh karenanya, disini akan kita pelajari bersama faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara lengkap namun mudah di pahami. Sebelum melangkah lebih jauh, kita uraikan dulu pengertian dari pertumbuhan tanaman.

Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
pertumbuhan tanaman

Yang dimaksud dengan pertumbuhan atau perkembangan tanaman adalah proses bertambahnya ukuran tanaman, baik dari segi panjang/tinggi, berat maupun volume tanaman yang dapat kita bedakan secara jelas dan kasat mata. Proses pertumbuhan ini akan berbeda beda sesuai dengan jenis tanaman dan beberapa faktor lainnya. 

Dalam proses pertumbuhanya, tanaman membutuhkan berbagai nutrisi yang diserap oleh akar dan diperoleh dari media tanam berupa tanah, sekam, kerikil, cocopeat, ataupun kombinasi dari beberpa media tanam tersebut. Pada konsep pertanian modern yang berkembang saat ini, dapat ditemui juga media tanam menggunakan air atau yang biasa kita sebut dengan hidroponik maupun aquaponik.

Proses pertumbuhan tanaman juga memerlukan bantuan sinar matahari untuk mengolah sari sari makanan dalam proses fotosintesis untuk menghasilkan karbohidrat dan protein yang diperlukan untuk membentuk akar, batang, daun serta buah menjadi lebih tinggi, lebih besar dan lebih lebat. 

Faktor Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Untuk lebih memaksimalkan pertumbuhan tanaman, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu karakteristik tanaman yang anda tanam. Sebab satu tanaman dan tanaman yang lain mempunyai karakteristik yang berbeda beda. Mengetahui karakteristik tanaman serta perawatan yang tepat akan semakin memaksimalkan pertumbuhan tanaman dan keuntungan yang didapatkan. 

Berikut faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman :

1. Pemilihan Benih

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
pemilihan benih

Tentu saja tanaman yang tumbuh tinggi, besar, berbuah lebat berasal dari bibit pilihan. Bibit yang sudah teruji dan mempunyai sertifikat dari pihak terkait. Biasanya bibit tersebut merupakan hasil penelitian dan pengembangan sehingga didapatkan bibit yang termasuk dalam kategori bibit unggul. 

Perkembangan teknologi masa kini mendorong upaya rekayasa genetika demi menghasilkan bibit dan tanaman berkualitas tinggi yang tahan terhadap hama, waktu tanam lebih singkat serta hasil buah dan sayur yang diperoleh menjadi lebih banyak dan lebih berkualitas. 

Seperti halnya manusia, tanaman juga mempunyai Genom dan Hormon yang sangat berpengaruh dalam proses pertumbuhan tanaman. Pada umumnya,  Genom merupakan karakter hasil turunan / bawaan dari tumbuhan induk yang dapat mengatur fisik dan non fisik karakteristik tumbuhan ( rasa buah, warna bunga, dll ). Jika tumbuhan indukan berkualitas baik, maka benih atau tunas yang dihasilkan juga akan sama baik dengan induknya. 

Sedangkan hormon merupakan senyawa organik alami yang pada konsentrasi rendah berperan besar dalam proses fisiologis tanaman. Hormon ini berfungsi untuk mengatur tumbuh kembang tanaman. Ada beberapa macam hormon yang dapat secara alami diproduksi sendiri oleh tanaman dalam proses kembang tumbuhnya. Hormon Kalin, Hormon Traumalin, Hormon Etilen, Hormon Absisat, Hormon Sitokinin, Hormon Giberelin dan Hormon Auksin adalah hormon hormon pada tumbuhan yang sering kita dengar. 

Kebutuhan Hormon pada tanaman juga dapat di penuhi dengan penambahan zat zat yang diperlukan oleh tanaman melalui campur tangan manusia yang disebut dengan Zat Pengatur Tumbuh ( ZPT ). Zat Pengatur Tumbuh buatan hasil rekayasa teknologi ini disebut dengan Zat pengatur Tumbuh Sintetis. 

2. Tanah Sebagai Media Tanam

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
media tanam

Kualitas tanah sebagai media tanam sangat berperan dalam pertumbuhan tanaman. Pada tanah yang berkualitas baik dan subur, kaya akan unsur hara, tingkat keasaman dan kegemburan tanah sesuai, tanaman dapat berkembang secara maksimal. Pada umumnya, tanah di indonesia adalah tanah yang subur. 

Ingat penggalan lirik lagu " tongkat dan kayu jadi tanaman " ?  yup, betapa lirik tersebut menggambarkan tingkat kesuburan tanah di indonesia. Banyaknya aktivitas vulkanik sedikit banyak mempengaruhi tingkat kesuburan tanah, sering kita jumpai tanah tanah yang berada di dekat gunung gunung yang masih aktif mempunyai kualitas tanah yang lebih baik. 

Pada saat ini ada beberapa media tanam pengganti yang dapat digunakan selain tanah. Cocopeat, arang, sekam, kerikil, atau campuran dari beberapa media tersebut serta rockwool sering digunakan untuk menanam sayur dan bunga, baik dengan polybag atau dengan sistem hidroponik. Agar tanah dapat menjadi sumber zat zat makanan bagi tanaman, diperlukan tambahan pupuk, baik organik maupun non organik. 

3. Pemenuhan Nutrisi melalui pemupukan.

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
nutrisi dan pemupukan

Pada dasarnya tanaman membutuhkan sari sari makanan yang diperoleh dari akar yang kemudian diolah melalui proses fotosintetis dan menghasilkan protein serta karbohidrat sebagai bahan baku pertumbuhan tanaman. Jika sari sari makanan tidak dapat dipenuhi dengan baik, maka otomatis berakibat pada pertumbuhan tanaman yang terhambat. 

Oleh karena itu diperlukan pemenuhan nutrisi sari sari makanan melalui proses pemupukan. Pupuk yang dapat digunakan dibagi menjadi dua, yaitu pupuk organik dan pupuk non organik. Untuk pupuk organik bisa berupa kompos atau pupuk kandang. Sedangkan pupuk non organik dapat di beli di toko toko pertanian di dekat anda. 

Gunakan pupuk dengan tepat sesuai karakteristik tanaman dan dosis yang dianjurkan, jangan sampai kurang, namun tidak boleh juga berlebihan. beberapa pupuk dapat digunakan dengan mencampurkan air sebagai media pelarut.

4. Suhu udara dan ketinggian tempat.

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
suhu dan ketinggian

Suhu udara dan ketinggian tempat saling berkaitan dimana semakin tinggi maka suhu udara akan semakin dingin. Suhu udara dan ketinggian tempat juga mempengaruhi jenis jenis tanaman yang dapat tumbuh dengan maksimal. Misalnya sayuran yang umumnya tumbuh subur pada tanah dataran tinggi atau biasa kita jumpai di lereng lereng gunung, dan pohon kelapa yang biasanya terdapat di sekitar pantai. 

Suhu udara yang panas membuat proses fotosintesis menjadi lebih optimal sehingga protein dan karbohidrat sebagai bahan baku pertumbuhan tanaman dapat mudah di bentuk. Namun suhu udara yang panas juga membuat tanaman cepat kering dan layu jika tidak mendapat cukup pasokan air. 

5. Curah hujan dan penyiraman tanaman.

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
curah hujan dan penyiraman

Kekurangan air dalam pertumbuhan tanaman dapat mengakibatkan tanaman tampak layu pada siang hari, batang tanaman dan daun tidak tumbuh secara optimal. Bersama dengan sari sari makanan, air merupakan bahan pokok dalam proses fotosintesis.  

Di karenakan indonesia mempunyai dua musim, yaitu musim penghujan dan musim kemarau, maka curah hujan berpengaruh besar pada tingkat perkembangan tanaman. Misalnya padi yang membutuhkan banyak air lebih cocok ditanam pada musim hujan, sedangkan tanaman cabai yang membutuhkan sedikit air lebih cocok ditanam pada musim kemarau. 

Jika padi ditanam pada musim kemarau dan sampai kekurangan air, biasanya banyak yang akan mati kering, sedangkan jika menanam cabai pada musim penghujan biasanya tanaman cabai cepat membusuk dan mati. Curah hujan berpengaruh pada kontur tanah, kelembapan dan jumlah kandungan air dalam tanah.

6. Paparan cahaya matahari.

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
paparan sinar matahari

Cahaya matahari digunakan dalam proses fotosintesis tanaman untuk mengolah sari sari makanan agar tanaman dapat bertumbuh dan berkembang. Pahami benar kebutuhan paparan cahaya matahari bagi masing masing tanaman. Misalnya tanaman yang baru disemai, jangan dibiarkan kena sinar matahari seharian agar tidak mati, baru setelah tanaman tumbuh cukup besar di tempatkan di tempat yang terpapar sinar matahari yang cukup. 

Pada tanaman tanaman tertentu yang memunyai batang kayu, hendaknya di tanam di tempat yang langsung terkena sinar matahari agar pertumbuhan lebih optimal. Untuk tanaman sayuran, konsentrasi paparan sinar matahari dapat dikurangi dengan menggunakan waring / jaring atau plastik diatas tanaman. 

Kombinasi yang tepat dari lama penyinaran, kualitas sinar matahari dan intensitas cahaya akan membuat tanaman dapat mengolah makanan dengan tepat dan tumbuh dengan maksimal.

7. Jarak Tanam

Faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman
jarak tanam

Hitung dan sesuaikan luasan lahan tanam sebelum menyemai benih. Lalu perhatikan dan atur jarak antar tanaman pada saat memindahkan dari media penyemaian. Hindari menanam terlalu dekat dan rapat.

Setiap benih tanaman perlu di beri ruang dan jarak yang cukup agar tidak saling berebut nutrisi dan tidak berdesak-desakan ketika sudah tumbuh besar. Hal ini juga bermanfaat untuk mempermudah perawatan tanaman seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan, serta pemanenan hasil tanaman.

Banyak juga ya faktor faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, bagaimana dengan tanaman anda, apakah pertumbuhanya normal normal saja ? Pengukuran pertumbuhan tanaman dapat dilakukan dengan pengamatan visual mengenai tinggi tanaman, lebar tanaman banyaknya dahan serta lebar ukuran daun. Jika tanaman anda pertumbuhanya terhambat, kira kira faktor apa saja penyebabnya ?

Baca juga:

Tags:

0 comments



Emoticon