Sawi Selada

Berkebun di Rumah

CARA MERAWAT TANAMAN DALAM RUANGAN

Tanaman hias dalam ruangan masih menjadi dekorasi terfavorit bagi banyak orang. Tidak hanya dapat mempercantik ruangan, tanaman tersebut juga bisa menjadi media untuk memberi sirkulasi udara yang baik. Untuk itu, tanaman ini harus dijaga dan pertumbuhannya harus diperhatikan. Beberapa jenis tanaman dalam ruangan seperti lidah buaya, spider plant, lidah mertua, palem, dan masih banyak lagi yang lainnya. Lalu, bagaimana cara merawat tanaman dalam ruang tersebut, berikut ulasannya:
 
CARA MERAWAT TANAMAN DALAM RUANGAN
Tanaman Dalam Ruangan

Pastikan sinar matahari tercukupi

Cara pertama yaitu pastikan kebutuhan sinar matahari pada tanaman tersebut tercukupi dengan baik. Untuk itu, anda harus pilih lokasi atau area yang sekiranya bisa mendapat sinar matahari. Sinar matahari memiliki peranan penting untuk proses pertumbuhan tanaman tersebut. Hal ini meliputi kualitas, durasi, juga intensitas cahaya matahari. Letakkan tanaman di area yang terkena matahari sekitar 12-16 jam per harinya.

Tidak sering memindahkan tanaman

Selain kecukupan sinar matahari, anda juga tidak boleh terlalu sering memindahkan tanaman hias tersebut. Mengapa? karena tanaman pun perlu waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Maka dari itu, agar proses adaptasi berlangsung baik sebaiknya tanaman tidak terlalu sering dipindah-pindah. Tidak hanya itu, terlalu sering memindahkan tanaman juga berefek negatif terhadap pertumbuhan tanaman tersebut.

Memangkas tanaman dengan rutin

Cara merawat tanaman dalam ruangan lainnya yaitu lakukan pemangkasan dengan rutin. Tujuannya yaitu untuk mencegah tanaman yang tumbuh secara tidak terkendali. Biasanya daun yang semakin lebat bahkan akar tumbuh hingga keluar pot. Sebaiknya hal ini tidak terjadi. Tidak hanya itu, anda juga perlu melakukan pemangkasan pada daun yang sudah kering karena hal tersebut menarik perhatian serangga. Jika pemangkasan tanaman dilakukan dengan rutin, maka akan terlihat rapi, bersih, dan tentunya menarik.

Memperhatikan kelembapan

Jika ruangan anda menggunakan Ac (Air Conditioner), maka kelembaban udara bisa menurun. Daun- daun tanaman yang berada di dalam ruang biasanya akan tampak layu, bahkan warnanya menjadi cokelat. Untuk menghindari hal ini, anda bisa meletakkan wadah kecil berisi air di dekat tanaman atau bisa juga dengan kerikil yang disiram air. Air tersebut akan menguap dan kelembaban sekitar tanaman akan terjaga.

Pemberian air

Tanaman dalam ruang juga perlu disiram, namun terlalu sering menyiramnya juga tidak baik. Tanah yang terlalu besar juga bisa menjadikan tanaman cepat mati. Hal ini dikarenakan akarnya juga cepat membusuk. Untuk memeriksa kecukupan air, anda bisa lihat tanah dalam pot tanaman tersebut. Anda juga harus pastikan bahwa air yang anda siram bisa meresap hingga akar tanaman.

Lakukan pemupukan

Tanaman hias yang ditanam dalam ruangan juga perlu diberi pupuk, sama halnya dengan tanaman outdoor. Anda bisa melakukan pemupukan sederhana yaitu 2 minggu sekali. Pilihlah pupuk yang memiliki keseimbangan nitrogen. Hal ini untuk memaksimalkan pertumbuhan batang juga daun. Unsur fosfor juga sangat dibutuhkan agar akar tanaman tumbuh kuat. Agar tanaman tersebut tumbuh kuat dan kokoh, anda juga harus perhatikan unsur kalium dalam pupuk yang anda gunakan.

Penggunaan pot

Penggunaan pot juga sangat penting diperhatikan. Tidak hanya memilih pot yang menarik dan menawan, anda juga perlu mengganti pot secara berkala sesuai dengan pertumbuhan tanaman. Tentu saja, tanaman tidak bisa selamanya tumbuh dalam pot yang sama. Semakin besar tanaman, maka wadah yang dibutuhkan pun juga semakin besar. Hal ini untuk kebutuhan ruang yang baik untuk tanaman. Tidak hanya itu, pot juga harus memiliki lubang drainase pada bagian bawahnya. Dalam hal ini pot berbahan plastik atau tanah liat sangat baik untuk menjaga kelembaban tanah.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam merawat tanaman dalam ruangan. Perawatan harus benar-benar dilakukan dengan baik agar tanaman bisa tumbuh subur dan bagus. Jadi, selain untuk mempercantik ruangan anda, tanaman tersebut juga bisa memperbaiki sirkulasi udara baik dalam ruangan. Dengan begitu, penghuni rumah pun bisa menghirup udara bersih setiap harinya. Tidak hanya itu, tanaman yang tumbuh indah dalam ruangan juga bisa menambah mood baik penghuni rumah tersebut.

Baca juga:

Tags:

0 comments



Emoticon