Sawi Selada

Berkebun di Rumah

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman hias memiliki banyak jenis dan manfaatnya masing-masing, ada yang dipelihara guna dinikmati keindahan bunganya, ada yang karena kecantikan dan keunikan daunnya lalu ada juga yang ditumbuhkan karena selain indah dipandang mata juga karena memiliki manfaat bisa untuk mengusir nyamuk karena memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga nyamuk tersebut. Berikut beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk.

Geranium atau Tapak Dara

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Geranium

Tapak dara atau Geranium mengandung geraniol serta sitronelol yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Tanaman yang mampu untuk mengusir nyamuk disebut sebagai mosquito plant. Berdasarkan penelitian Van Leeni, yakni seorang ahli genetika, maka mosquito plant mampu untuk menurunkan kemampuan nyamuk dalam mendeteksi CO² atau karbondioksida serta menghindarkan manusia dari gigitan nyamuk.

Mosquito plant yang diteliti oleh Van Leeni itu ialah citronella dan juga termasuk geranium juga. Kedua tumbuhan tersebut memang telah cukup terkenal keampuhannya, terutama tumbuhan seperti rose geranium dan juga lemon rose geranium.

Serai Wangi 

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Serai Wangi
Lemongrass atau serai wangi tak hanya bermanfaat menjadi penyedap makanan atau dibuat sebagai bahan minuman, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi pengusir nyamuk. Sehingga serai banyak digunakan sebagai bahan pembuatan lilin aromaterapi juga lotion anti nyamuk.

Serai dapat tumbuh subur pada berbagai jenis iklim serta jenis tanah. Tanaman serai memang mudah tumbuhnya sehingga cukup mudah ditemui, meski tak cocok jika ditanam di dalam pot. Serai dapat ditanam di bawah jendela di sekitar rumah sehingga nyamuk tidak akan masuk ke dalam rumah.

Krisan

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Krisan

Krisan cocok ditanam di pekarangan  jadi selain lebih cantik maka rumah pun bebas nyamuk. Bentuk bunga serta warnanya yang indah membuat tanaman yang bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 50 cm ini, sering digunakan sebagai bagian dari suatu rangkaian buket bunga. Aromanya pun harum namun tidak disukai oleh nyamuk. Bunga krisan juga aman dikonsumsi manusia, bisa dikeringkan dan dijadikan sebagai teh. Jadi sangat banyak sekali kegunaan tanaman hias Krisan tersebut.

Lavender

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Lavender

Bunga lavender memiliki warna ungu serta aromanya sangat harum. Meski aroma Lavender itu disukai banyak manusia, tapi bagi nyamuk maka aroma lavender itu sangat mengganggu. Hal ini karena lavender itu mengandung zat linalool serta lynalyl asetat. Tanaman hias bunga lavender bisa ditanam di dalam pot dan diletakkan di dekat jendela atau dekat pintu supaya tidak ada nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

Neem

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Neem

Neem merupakan tumbuhan alami yang banyak ditemukan di India dan memiliki manfaat untuk mengusir berbagai jenis hama serangga, termasuk juga dengan nyamuk. Cukup dengan menanamnya untuk mengusir nyamuk atau guna mendapatkan efek yang lebih optimal, maka bisa dibuat ekstrak daunnya  yakni dengan cara direbus, lalu gunakan ekstrak rebusan daun Neem tersebut sebagai semprotan nyamuk.

Tanaman ink hanya bisa untuk mengusir nyamuk tapi tidak bisa membunuhnya. Neem juga aman dikonsumsi dan bisa digunakan sebagai bahan masakan. 

Lemon Balm

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Lemon Balm

Tanaman lemon balm ini mengandung senyawa sitronelal yang cukup ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma jeruk dari daun lemon balm terutama adalah juga yang sangat tidak disukai oleh nyamuk. Nektar bunganya menjadi favorit bagi kupu-kupu sehingga ketika bunganya yang memiliki warna putih tersebut tumbuh, maka kupu-kupu pun akan berdatangan.

Daunnya juga bisa menjadi bumbu penyedap masakan. Namun tanaman ini sifatnya invasif, atau bisa tumbuh dengan cepat, sehingga peletakan penanamannya harus dipilih di area yang tidak masalah jika terhalang tanamannya, yang makin tinggi dan besar. Lemon balm tersebut bisa tumbuh hingga setinggi 80 sm sampai 100 cm.

Catnip

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Catnip

Tanaman Catnip atau yang disebut juga sebagai Nepeta cataria ialah tanaman yang bisa membuat kucing  lebih aktif, dan merupakan tumbuhan yang sangat ditakuti oleh nyamuk.

Penelitian menghasilkan informasi bahwa kandungan minyak esensial tanaman hias Catnip, atau yang disebut sebagai nepetalactone itu sangat ampuh untuk mengusir nyamuk bahkan jika dibandingkan dengan obat DEET (Diethyl meta toluamide), yakni zat kimia yang berpotensi untuk memberikan dampak buruk bagi kesehatan manusia. Tanaman Catnip ini dapat tumbuh tinggi, jadi sebaiknya ditanamnya di lokasi yang tidak akan menghalangi pandangan.

Rosemary

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Rosemary

Aroma kuat Rosemary juga mampu untuk mengusir nyamuk. Bisa tumbuh  tegak hingga 100 cm pada saat dewasa, jadi bisa sebagai pagar alami yang cantik. Ditanam di pot secara indoor juga bisa. Rosemary mampu bertahan dari terik sinar matahari.

Zodia

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk
Tanaman Pengusir Nyamuk - Zodia

Zodia ialah tanaman endemik yang berasal dari Papua. Aromanya mampu untuk mengusir nyamuk. Guna mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka bisa mengusapkan daunnya langsung ke kulit. Bisa diletakkan di dalam ruangan. Dengan mengusapkan daun Zodia ini di area bekas gigitan nyamuk, maka bentol dan rasa gatal pun bisa lenyap. 

Selain gigitan nyamuk bisa membuat kulit menjadi bentol-bentol dan gatal kemerahan, maka juga menimbulkan berbagai penyakit, yakni seperti DBD (Demam berdarah dengue) serta malaria. Daripada menggunakan obat-obatan kimia berbahaya maka coba gunakan tanaman pengusir nyamuk di rumah.

Baca juga:

0 comments



Emoticon